Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Thursday 13 July 2017

Manajemen Proyek - Project Time Management

Manajemen Proyek - Project Time Management

Proses Manajemen Waktu Proyek

  • Perencanaan pengelolaan jadwal
  • Pendefinisian aktivitas
  • Pengurutan aktivitas
  • Perkiraan sumber daya aktivitas
  • Perkiraan lama aktivitas
  • Pembuatan jadwal
  • Pengendalian jadwal

Pendefinisian Aktivitas

Input

Jadwal proyek dibuat berdasarkan dokumen-dokumen dasar pada tahap inisiasi proyek :

  • Piagam Proyek : meliputi tanggal mulai dan tanggal berakhir dan informasi budget
  • Pernyataan Scope dan WBS

Output

Pendefinisian Aktivitas meliputi membuat WBS yang lebih detil dan tambahan penjelasan untuk memahami semua pekerjaan yang akan dikerjakan, sehingga kita bisa membuat membuat estimasi durasi (lama) waktu yang realistis

List Aktivitas dan Atribut

List Aktivitas kegiatan yang dimasukkan pada jadwal proyek mencakup:
  • Nama Aktivitas
  • Nomor Aktivitas
  • Deskripsi singkat Aktivitas

Atribut aktivitas memberikan informasi yang lebih seperti predecessor/pendahulunya, successor/penerus, tanggal, sumber daya, asumsi, dan sebagainya.

Pengurutan Aktivitas

Mencakup review aktivitas dan menentukan saling ketergantungan aktivitas-aktivitas
  • Ketergantungan Utama : aktivitas yang terkait secara alami dalam pekerjaan; hard logic
  • Discretionary Dependencies : ditentukan oleh tim proyek; soft logic
  • External Dependencies : mencakup hubungan antara aktivitas proyek dan aktivita non-proyek

Ketergantungan aktivitas harus ditentukan untuk keperluan analisis jalur kritis (Critical Path Analysis)


Slide ini masih panjang.. Mau download seluruh slidenya ?? Download Disini Slide 1 | Slide 2


No comments:

Post a Comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..