Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Monday 29 February 2016

6 Fakta Menarik Tentang Tahun Kabisat..





zhemwelelanor - Tanggal 29 Februari mungkin merupakan hari biasa bagi sebagian besar penduduk Bumi. Namun bagi sebagian kecil penduduk Bumi, atau lebih tepatnya sekitar 4,1 Juta Orang yang lahir tanggal 29 Februari, hari ini merupakan hari yang sangat spesial.

Apakah kamu mengetahui kenapa setiap empat tahun sekali bulan Februari bertambahkan satu hari ? Apa saja peristiwa menarik yang terjadi pada tahun kabisat ? Berikut 6 Fakta Menarik Tentang Tahun Kabisat..


1. Pertiwa Penting Yang Terjadi Pada Tanggal 29 Februari

Sejarah memberitahu ada beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 29 Februari. Berikut Peristiwa yang terjadi di Tanggal 29 Februari :
  • Tahun 1940 Hattie McDaniel merupakan warga kulit hitam pertama yang menerima penghargaan Oscar atas perannya di film Gone with the Wind.
  • Tahun 1960 ribuan orang tewas dalam gempa di kota Agadir, Maroko.
  • Tahun 1964 sepupu ratu Elizabeth II melahirkan anak yang diberi nama James Ogilvy.
  • Tahun 1984 Pierre Trudeau mundur sebagai perdana menteri Kanada.
  • Tahun 1996 penyerangan ke Sarajevo dihentikan setelah terjadi selama hampir empat tahun. 


2. Sistem Leap Second 

Sistem Leap Second memang tak terhubung langsung dengan Tahun Kabisat. Tetapi sangat berpengaruh pada sistem perhitungan waktu. Leap Second merupakan sistem untuk menghitung waktu perlambatan revolusi Bumi terhadap matahari, dimana waktu revolusi pada setiap tahunnya melambat 0,002 Detik.

Hal tersebut terlihat sepele, namun sangat penting karena jika diabaikan, maka mengakibatkan waktu di Bumi tidak lagi sinkron dengan rotasi dan revolusi terhadap Matahari. Sistem Leap Second sempat mengakibatkan beberapa layanan digital mengalami "crash" beberapa saat karena kebanyakan layanan menggunakan sistem waktu berdasarkan jam atom yang bersifat konstan.

3. Mengapa Kita mempunyai Tahun Kabisat ?

Tahun Kabisat merupakan tahun dimana tanggal pada bulan Februari bertambahkan satu hari. Hal tersebut terjadi karena Bumi membutuhkan waktu 365,2422 hari untuk mengitari matahari, sementara kalender masehi atau kalender Gregorian menggunakan 365 hari dalam satu tahun. Dengan demikian, setiap empat tahun sekali harus ditambahkan satu hari tambahan agar waktu revolusi Bumi terhadap matahari tetap akurat.


4. Mengapa Bulan Februari Bertambah Satu Hari?

Awalnya, Februari mempunyai hari yang sama dengan bulan lainnya, yaitu 30 hari. Tetapi, saat Julius Caesar berkuasa, ia ingin agar bulan dengan namanya, yaitu Juli, ditambahkan satu hari. 

Hal ini juga dilakukan oleh Augustus Caesar yang juga meminta menambahkan satu hari untuk bulan Agustus. Hasilnya, Bulan Februari menjadi "korban". Untuk "menyeimbangkan" perhitungan kalender, maka Tahun Kabisat "dihadiahkan" kepada bulan Februari.


5. Sejarah Penanggalan dan Perubahan Tahun Masehi

Penanggalan Masehi dimulai ketika Julius Caesar meminta kepada para astronom kerajaan Roma untuk membuat sistem penanggalan yang akurat. Dari sana lahirlah penanggalan masehi dengan total penanggalan 365 hari dan kompensasi satu hari setiap empat tahun.

Pada tahun 1582, diketahui bahwa revolusi Bumi terhadap Matahari kurang tepat 365,25 hari. Hal tersebut membuat Paus Gregory XIII meminta kepada para astronom untuk menghitung ulang penanggalan masehi. Sejak saat itu, Sistem Kabisat disempurnakan dengan tambahan aturan, yaitu tahun kabisat tidak berlaku untuk tahun yang tidak habis dibagi 400. Sistem tersebut masih digunakan hingga saat ini, namun harus dikalkulasi ulang setiap 10.000 tahun.


6. Yang Terjadi bila Anda Lahir pada Tanggal 29 Februari

Jika Anda lahir pada tanggal 29 Februari, apakah Anda hanya berulang tahun empat tahun sekali ? Tidak! Mereka yang lahir di Tanggal 29 Februari dapat memilih untuk berulang tahun di tanggal 1 Maret atau 28 Februari pada saat tidak berada di Tahun Kabisat.


Sumber : MetroTvNews.Com


No comments:

Post a Comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive