Seputar Dunia IT dan Fakta Unik Lainnya

Monday 29 February 2016

Software Project - Class Driver, Access Modifier , Get dan Set



CLASS DRIVER

  • Class Driver adalah class yang hanya berisi main() dan berfungsi untuk menguji class-class lainnya apakah sudah betul algoritmanya. Kegunaannya sama seperti file main.c


CONSTRUCTOR

  • Constructor adalah method khusus yang nantinya akan digunakan untuk menginstansiasi atau melahirkan sebuah object.
  • Argumen pada constructor bisa kosong, bisa juga berisi nilai.
  • Contoh constructor kosong: public Segiempat(){} 
  • Contoh constructor dengan argumen/parameter: Segiempat (int p, int l) {panjang=p; lebar=l;}
  • Constructor tidak mereturn type apapun, jadi Anda tidak boleh menuliskan: public void Segiempat(), atau public int Segiempat()
  • Biasakan untuk membuat constructor pada class yg anda coding. Bila tidak dibuat, Java akan otomatis membuatkan tapi parameternya kosong.
  • Constructor dipanggil setelah kata new.

Contoh pemanggilan constructor :

  • Segiempat se1 = new Segiempat()
  • Segiempat se2 = new Segiempat(7,4)


MENGOLAH DATA ATRIBUT & METHOD

Misalkan kita punya class Segiempat sebagai berikut :

class Segiempat {
int panjang;
int lebar;
}


Maka cara mengolah data atribut & methodnya :

public static void main(String args[]) {
Segiempat se = new Segiempat(7,4);
se.panjang = 9;
se.lebar = 3;
System.out.println(se.panjang);
System.out.println(se.lebar);
System.out.println(se.hitungLuas());
System.out.println(se.hitungKeliling());
se.printInfo();
}


ACCESS MODIFIER (ACCESS SPECIFIER)

  • Java membedakan level akses untuk atribut dan method yaitu : Private, Public.
  • Dituliskan di depan attribute atau method yg diinginkan.
  • Private: artinya attribute/method tersebut tidak akan dapat diakses/dipanggil oleh kelas lain
  • Public : artinya attribute/method tersebut dapat diakses/dipanggil oleh kelas lain
  • Sama juga, bila sebuah method diberi awalan private maka method tersebut tidak bisa dipanggil di class lain.
  • Atribut biasanya private. Method biasanya public.
  • Pada notasi UML Class Diagram, private diberi tanda - sedangkan public diberi tanda +

Kita ubah sedikit class Segiempat barusan kita pakai menjadi contoh :

class Segiempat {
private int panjang;
private int lebar;
}

Maka bagian ini akan error karena atribut private artinya tidak boleh langsung dipanggil di class lain :

class Driver{
public static void main(String args[]) {
Segiempat se = new Segiempat(7,4);
se.panjang = 9; // error
se.lebar = 3; // error
System.out.println(se.panjang); // error
System.out.println(se.lebar); // error
}
}


METHOD GET & SET

  • Get dan set dibuat untuk masing-masing atribut (atau sesuai kebutuhan).
  • Get digunakan untuk mereturn nilai atribut. Tipe return harus sesuai dengan tipe atribut. Argumen atau parameternya kosong. Contoh bila panjang bertipe float maka getPanjang() mereturn float.
  • Set digunakan untuk mengubah nilai. Tipe returnnya void, dan menerima input argumen sesuai tipe atribut. Contoh bila panjang bertipe float maka: void setPanjang(float p) {.....}
  • Method get dan set juga berguna bila kita perlu membuat constraint khusus pada atribut.


Karena atribut dibuat menjadi private, bagaimana cara menampilkan dan mengubah datanya ? Solusinya adalah, buatlah method baru yaitu get dan set.

class Segiempat{
public int getPanjang(){
return panjang;
}
public void setPanjang(int p){
panjang = p;
}
}

Cara menampilkan dan mengubah datanya yaitu :

class Driver{
public static void main(String args[]) {
Segiempat se = new Segiempat(7,4);
System.out.println(se.getPanjang());
System.out.println(se.getLebar());
System.out.println(se.setPanjang(8));
System.out.println(se.setLebar(5));
}
}


Misalnya kita buat aturan untuk atribut panjang dan lebar tidak boleh bernilai negatif, maka :

public void setPanjang(int p){
if (p>0) {panjang = p;}
}

Untuk menampilkan atribut class, kita dapat membuat fungsi printInfo() contohnya seperti ini :

class Segiempat{
public void printInfo(){
System.out.println(panjang);
System.out.println(lebar);
}
}

Untuk membuat atribut konstanta di dalam class, gunakan keyword final. Contoh :

class Lingkaran {
double radius;
final double pi=3.14;
}



IMPLEMENTASI CLASS DIAGRAM

  • Dalam satu file bisa terdiri dari satu class saja, atau bisa juga terdiri dari beberapa class. Best practicenya adalah satu file hanya terdiri dari satu class, di mana nama file sama dengan nama class.
  • Umumnya fungsi main hanya ada di dalam class Driver.


STRUKTUR CLASS PADA FILE JAVA




IMPLEMENTASI CLASS

Ketika membuat coding class di Java, buatlah dalam urutan berikut :

  1. Attribute/property : variabel (umumnya private)
  2. Method : fungsi/prosedur (umumnya public), dibuat terurut sebagai berikut :
    -> Constructor : meliputi constructor kosong dan constructor berparameter
    -> Get & Set : berpasangan untuk tiap atribut
    -> printInfo() : untuk mencetak semua nilai atribut
    -> Method-method lainnya : dimulai dari yang paling sederhana hingga yang paling rumit


STANDAR DISIPLIN PEMROGRAMAN

  • Nama class dan nama file diawali huruf kapital.
  • Indentasi sangat penting agar sourcecode Anda rapi dan mudah dibaca. Sourcecode yang tidak rapi bisa mengakibatkan pengurangan nilai.
  • Bila mengetik kurung buka, langsung ketik kurung tutupnya (content di dalam tanda kurung itu bisa diketik belakangan).
  • Nama atribut dan method diawali huruf kecil. Bila terdiri dari dua kata atau lebih, dipisahkan dengan huruf kapital. Contoh: hitungLuasAlasTabung()


TIPS & TRICKS

  • Selalu buat indentasi yang rapi.
  • Setiap bikin kurang buka langsung bikin kurung tutupnya, isinya bisa belakangan.
  • Setiap bikin kurang buka langsung bikin kurung tutupnya, isinya bisa belakangan.
    -> Misalnya ada method hitungLuasParabola() tapi kita belum tahu apa rumusnya, maka tuliskan saja return 0 atau return -1 atau return 999. Dengan demikian program Anda tetap bisa dicompile tanpa error.



JAVA PROGRAMMING LANGUAGE

Contoh JAVA PROGRAMMING LANGUAGE  :

  • Variabel, tipe data (boolean, char, String, int, float), dan sebagainya..
  • Operator Aritmetika : tambah kurang kali bagi, dan sebagainya..
  • Operator Logika : AND &&, OR ||, NOT !
  • Array : contoh di Java, int arrInt[] = new int[5];
  • I/O : write (printf), read (nanti dipelajari lebih lanjut)
  • Conditional : IF-THEN-ELSE, SWITCH-CASE
  • Perulangan/Loop : FOR, WHILE-DO, DO-WHILE


JAVA INPUT/OUTPUT

  • WRITE : Menuliskan sesuatu ke layar (C/C++: printf/cout)
    -> System.out.print(), System.out.println()
  • READ : Membaca sesuatu dari input keyboard (scanf)
    -> System.in.read(), System.in.readln()



CARA COMPILE & RUN

Bila hanya 1 file (berisi 1 kelas) : contoh Helloworld

  • Compile : javac Helloworld.java
  • Run : java Helloworld 

Bila banyak file (masing-masing berisi 1 kelas atau lebih)

  • Compile: javac <namafile1.java> <namafile2.java> dan seterusnya.. 
    atau: javac *.java 
  • Run : java <namakelas>
    -> Catatan : yang bisa di-run hanya kelas yang di dalamnya ada main.
    -> Biasanya ada satu kelas khusus Driver berisi main saja, sementara kelas-kelas lain tidak punya main


No comments:

Post a Comment

BILA ANDA MEMASUKKAN LINK HIDUP, MAKA AKAN OTOMATIS TERDELETE..

Blog Archive